PERSIAPAN MENGHADAPI BULAN ROMADHON TERBARU 2014

PERSIAPAN MENGHADAPI BULAN RAMADH

Alhamdulillah Tausyiah tadi Malam Q dapat dari Bp KH. Zamari Dari Kepek Wonosari di Masjid Kerdon

kira2 seperti dibawah ini…..sunggung mempertebal Kaimananku dan semngat meraih dan memborong pahala di Bulan romadhon nanti

 

I. BULAN RAMADHAN

Bulan Ramadhan yang insya Allah sebentar lagi akan kita masuki, adalah bulanyang sangat mulia, bulan tarbiyah(pembinaan) untuk mencapai derajat yang paling tinggi, paling mulia:derajat taqwa.

“Haiorang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkanatas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa. (QS Al Baqarah: 183).

“Sesungguhnyaorang yang paling mulia diantara kamu adalah yang paling bertaqwa.” (QS Al Hujurat: 13).

Predikat taqwa ini tidak mudah untuk diperoleh. Iabaru akan diperoleh manakala seseorang melakukan persiapan yang cukup, dan mengisi bulan Ramadhanitu dengan berbagai kegiatan yang baik dan mensikapinya dengan benar.

 

II. MINIMAL ADA TIGA HAL YANG PERLU DIPERSIAPKAN

Minimal ada tiga hal yang perlu dipersiapkan dalammenyongsong bulanRamadhanyang penuh berkah itu:

1. Persiapan Ruh dan 2.Jasad.

Dengan cara mengkondisikan diri agar pada bulanSya’ban (bulansebelum Ramadhan)kita telah terbiasa dengan berpuasa. Sehingga kondisi ruhiyah imaniyahmeningkat, dan tubuh sudah terlatih berpuasa Dengan kondisi seperti ini, makaketika kita memasuki bulan Ramadhan, kondisi ruh dan iman telahmembaik, yang selanjutnya dapat langsung menyambut bulanRamadhan yang mulia inidengan amal dan kegiatan yang dianjurkan. Di sisi lain, tidak akan terjadi lagigejolak phisik dan proses penyesuaian yang kadang-kadang dirasakan oleh orang-orangyang pertama kali berpuasa, seperti: lemah badan, demam atau panas dingin dansebagainya.

Rasulullah saw menganjurkan kepada kita agar kitamemperbanyak puasa sunnah padabulan Sya’ban ini dengan cara memberikan contohlangsung danaplikatif. ‘Aisyah RadhiyaLlahu ‘anha berkata: ”Rasulullah saw berpuasa, sampai-sampai kamimengiranya tidak pernah meninggalkannya”. Demikian dalam riwayat Bukharidan Muslim.

Dalam riwayat lain dikatakan bahwa: ”Beliau melakukan puasa sunnah bulanSya’ban sebulan penuh, beliau sambung bulan

itu dengan Ramadhan”.(Haditsshahih diriwayatkan oleh para ulama’ hadits, lihatRiyadhush-Shalihin, Fathul Bari, Sunan At-Tirmidzi dan lain-lain).

Anjuran tersebut dikuatkan lagi dengan menyebutkankeutamaan bulanSya’ban. Usamah bin Zaid pernah bertanya kepada Rasulullah saw. Katanya: ”Ya Rasulullah, saya tidak melihat engkauberpuasa pada bulanbulanyang lain sebanyak puasa di bulan Sya’ban ini?” Beliau saw menjawab: ”Itulah bulan yang dilupakan orang, antara Rajab danRamadhan,bulanditingkatkannya amal perbuatan kepada Allah swt Rabbul ‘Alamin. Dan aku inginamalku diangkat sedang aku dalam keadaan berpuasa”. (HR An-Nasa-i).

2. Persiapan Materi.

Bulan Ramadhan merupakan bulan muwaasah (bulan santunan). Sangat dianjurkanmemberi santunan kepada orang lain, betapapun kecilnya. Pahala yang sangatbesar akan didapat oleh orang yang tidak punya, manakala ia memberikepada orang lain yang berpuasa, sekalipun Cuma sebuah kurma, seteguk air atausesendok mentega.

 

Rasulullah saw pada bulan Ramadhan ini sangat dermawan,sangat pemurah. Digambarkan bahwa sentuhan kebaikan dan santunan Rasulullah sawkepada masyarakat sampai merata, lebih merata ketimbang sentuhan angin terhadapbenda-benda di sekitarnya.

Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.”

Hal ini sebagaimana diceritakan olehIbnu Abbas RadhiyaLlahu ‘anhu: ”Sungguh, Rasulullah saw saat bertemu denganmalaikat Jibril, lebih derma dari pada angin yang dilepaskan”. (HRMuttafaqun ‘alaih).

Santunan dan sikap ini sudah barang tentu tidakdapat dilakukan dengan baik kecuali manakala jauh sebelum Ramadhan telah ada persiapanpersiapanmateri yang memadai.

mari shobat berburu Pahala di Romadhon nanti…………………..

download file lengkapnya
sumber :

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s